Monday, October 26, 2009

Peranan Komunikasi Dalam Keefektifan Media Elektronik

Peranan komunikasi dalam keefektifan media elektronik menurut saya itu sangat penting sekali apalagi di jaman seperti ini. Dengan adanya komunikasi, kita dapat berhubungan secara luas bersama orang yang kita kenal ataupun tidak.
Istilah komunikasi berasal dari kata Latin yaitu Communicare atau Communis yang berarti sama. Komunikasi merupakan penyampaian pesan maupun pikiran atau tentang perasaan yang ada dalam setiap diri manusia.
Komunikasi itu dapat secara langsung maupun tidak langsung. contoh komunikasi secara langsung yaitu pemeberitahuan lewat telpon, televisi atau radio yang sedang kita dengar. Yang sekarang sering digunakan adalah komputer. komputer adalah media elektronik yang sangat penting dan sangat berguna untuk apa saja apalagi yang mengambil jurusan komputer. Komputer itu harus punya! komunikasi tersebut juga dapat memberitahukan kita akan suatu hal yang baru saja terjadi. bila tidak ada komunikasi kita tidak akan mengetahui hal-hal baru. Seperti yang sudah saya katakan contoh komunikasi secara langsung seperti televisi itu adalah juga contoh komunikasi dalam media elektronik. jadi komunikasi dalam media elektronik itu memang sangat penting untuk jaman seperti sekarang ini. Yang semakin lama,, semakin canggih.
Komunikasi secara tidak langsung misalnya lewat paper/tulisan dinding/mading. contoh lain misalnya suatu reklame/iklan yang sering kita lihat bila kita berada di perjalanan.
Saat ini telah terjadi perubahan pola perilaku pemasang iklan, karena kini lebih kritis dan mengedepankan efektifitas dalam pemilihan jenis media untuk penyampaian pesan iklan produk kepada konsumen yang merupakan calon pembeli potensial. Potensi wilayah dapat didekati melalui beberapa faktor yang membentuk gambaran pangsa pasar, seperti: geografi, demografi, psikografi, dan behavioristik dari wilayah edar media bersangkutan. Profil pembaca berisi data usia, pendidikan, pekerjaan, jenis kelamin, dan penghasilan pembaca. Sedangkan, komunikasi media didekati melalui data seberapa besar peran media tersebut dalam membentuk awareness suatu produk, meningkatkan top of mind (TOM), dan akhirnya menaikkan volume penjualan suatu produk.
* kelebihannya :
1. sarana untuk hiburan semua orang.
2. menambah wawasan kita dalam berhubungan/ berinteraksi dengan orang
lain.
3. tidak membuang-buang waktu bila kita mencari informasi tentang apapun.

sedangkan hambatannya :
1. tidak semua orang mengerti akan informasi di media.
2. waktu yang sia-sia bila pemakaian tidak henti-hentinya untuk memakai me-
dia elektronik.
3. dapat menimbulkan rencana kejahatan melalui media elektronik.
Inti dari yang saya jelaskan di atas itu adalah peranan komunikasi dalam keefektifan media elektronika itu sangat penting. kita sangat membutuhkan media-media tersebut untuk kelangsungan hidup di masa depan..

No comments: