Saturday, October 16, 2010

Fungsi Bahasa

Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbitret yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan identifikasi diri. Menurut saya sendiri, definisi Bahasa adalah salah satu alat yang dimiliki oleh setiap manusia diberbagai belahan dunia dan yang berguna juga untuk semua manusia dalam mengerjakan suatu kegiatan, seperti interaksi manusia atau saling berkomunikasi.
Macam-macam Bahasa, terdiri dari :
a. Bahasa Asing = Bahasa yang tidak digunakan oleh orang yang tinggal di sebuah tempat tertentu. contohnya bagi orang Indonesia, bahasa Australia itu sangat asing.
b. Bahasa Daerah = Bahasa yang resmi dari suatu negara tersebut.
c. Bahasa Dalam = Bahasa pedalaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, bahasa ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang hidup saat zaman kraton (zaman dulu kala).
d. Bahasa Dagang = Bahasa yang sering disebut juga dengan Bahasa Melayu ini merupakan Lingua Franca bagi perdagangan dan hubungan poloitik di Nusantara pada masa pra-kolonial.
e. Bahasa Bermajas = Bahasa yang menggunakan kata-kata yang susunan dan artinya sengaja disimpangkan dengan maksud mendapatkan kesegaran dan kekuatan ekspresi.
f. Bahasa Persatuan = Bahasa yang sangat penting yang dapat menyatukan semua bahasa suatu wilayah dalam suatu negara.
g. Bahasa Pengantar = Bahasa yang dipakai untuk berkomunikasi dalam perundingan, pemberian pelajaran di sekolah dan sebagainya.
h. Bahasa Negara = Bahasa resmi di suatu Negara.
i. Bahasa Santai = Bahasa yang biasa dipakai oleh orang-orang yang sedang melakukan akitifitas non-formal. contohnya saat berlibur.
Sebenarnya masih banyak lagi macam-macam Bahasa, saya hanya merumuskannya sedikit karena hanya ini yang saya tahu.
Lalu sekarang kita akan membahas tentang Fungsi Bahasa itu sendiri.
Fungsi Bahasa
antara lain :

1. sebagai alat untuk mengekspresikan diri.
2. sebagai alat untuk berkomunikasi.
3. sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial.
4. sebagai alat untuk mengadakan kontrol sosial.
5. sebagai alat untuk mengidentifikasi diri.
6. sebagai alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia.
itulah sebagian fungsi dari suatu Bahasa.

No comments: