Friday, October 15, 2010

Program Prolog

Prolog merupakan tujuan umum pemrograman logika bahasa yang terkait dengan kecerdasan buatan dan komputasi linguistik .

Prolog berakar pada logika formal dan tidak seperti banyak bahasa pemrograman lain, Prolog adalah deklaratif : logika program tersebut dinyatakan dalam hal hubungan, diwakili sebagai fakta dan aturan. Sebuah perhitungan dimulai dengan menjalankan query atas hubungan ini.

Bahasa ini pertama kali disusun oleh kelompok sekitar Alain Colmerauer di Marseille , Perancis , pada awal tahun 1970 dan sistem Prolog pertama dikembangkan pada tahun 1972 oleh Colmerauer dengan Philippe Roussel.

Prolog adalah salah satu bahasa pemrograman logika pertama, dan tetap di antara bahasa-bahasa seperti yang paling populer saat ini, dengan implementasi bebas dan komersial yang tersedia. Meskipun awalnya ditujukan untuk pengolahan bahasa alami , bahasa sejak itu membentang jauh ke daerah lain seperti membuktikan teorema , sistem pakar , permainan, sistem penjawab otomatis, ontologi dan canggih sistem kontrol. Modern Prolog lingkungan mendukung terciptanya antarmuka pengguna grafis , serta aplikasi dan jaringan administrasi.

No comments: