Friday, March 26, 2010

Dampak Tekhnologi terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kita dapat memahami, bahwa setiap tekhnologi baru dengan segala potensinya akan menjadi ancaman yang menibulkan perasaan resah, khawatir dan takut. Dikatakan merupakan suatu ancaman karena di masing-masing pribadi manusia berbagai memiliki permasalahan dan tanggapan yang berbeda dari setiap unsur yang ada di masyarakat terhadap tekhnologi.

Globalisasi adalah suatu proses penyebaran unsur-unsur baru yang menyangkut nformasi secara mendunia melalui media cetak dan elektronik. Secara terbatas, globalisasi dibentuk untuk kemajuan teknologi dibidang komunikasi dunia. Contohnya televisi, anda dapat melihat dan memperoleh informasi tentang berbagai peristiwa yang terjadi di seluruh dunia dalam waktu yang relatif singkat. Melalui sarana komunikasi seperti radio, televisi dan media elektronik lainnya, globalisasi dapat mempercepat pembangunan.

Selanjutnya media informasi akan berdampak negatif jika menghambat atau merusak tercapainya tujuan pembangunan. Tayang-tayangan film horor, sadisme atau adegan porno yang ditayangkan televisi merupakan sebagian bentuk tayangan yang dapat merusak mental dan kepribadian bangsa, khususnya anak-anak dan remaja.

Arus globalisasi yang membawa prpindahan tekhnologi dari negara yang maju ke negara yang berkembang diperkirakan akan berdampak sangat besar terhadap perubahan dan kemajuan pembangunan di negara -negara berkembang. Gelombang tekhnologi yang berasa dari negara barat menjadi sambutan yang baik dari negara-negara yang berkembang. Perubahan terjadi dalam bidang teknologi seperti adanya satelit, internet, multimedia, dan telekomunikasi yang akan membawa perubahan pada dunia baru dan pergeseran peradaban di era milenium baru.


No comments: