Saturday, March 27, 2010

Unsur-unsur Pembentuk Drama

Sebuah karya drama terbentuk dari unsur-unsur yang membangun struktur drama. Secara umum ada enam unsur yang membentuk sebuah drama. Unsur-unsur pembentuk drama tersebut sekaligus merupakan tahap-tahap penceritaan dalam sebuah drama. Keenam unsur tesebut adalah sebagai berikut :
1. Eksposisi = bagian ini merupakan unsur drama yang bertujuan memperkenalkan cerita, tokoh-tokoh, dan latar drama agar penonton memperoleh gambaran mengenai drama yang ditontonnya. dengan demikian, mereka terlibat dalam peristiwa-peristiwa yang dikisahkan dalam drama tersebut.

2. Konflik = para tokoh (pelaku cerita) terlibat dalam suatu pokok permasalahan. pada bagian inilah mula pertama terjadinya suatu unsiden.

3. Komplikasi = bagian ini mengisahkan terjadinya persoalan baru dalam perkembangan cerita akibat konflik antara pelaku cerita yang satu dengan pelaku cerita lainnya.

4. Krisis = bagian ini merupakan puncak konflik. pertentangan antara pelaku cerita yang satu dan pelaku cerita yang lain harus diimbangi dengan jalan keluar. diantara mereka harus ada juga yang tersingkir dari pertentangan itu. pelaku cerita yang memenangkan pertentangan berhak melanjutkan ceritanya.

5. Resolusi = bagian ini merupakan penyelesaian persoalan.

6. Keputusan = pada bagian ini konflik berakhir yang menandakan bahwa tidak lama lagi cerita akan usai.

No comments: