Friday, March 26, 2010

Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah sebuah daftar yang berisi judul buku-buku, artikel dan bahan-bahan penerbitan lain yang mempunyai pertalian dengan karangan yang telah disusun. Daftar pusataka berfungsi sebagai sumber informasi bagi seseorang peneliti/penulis agar hasil tulisannya dapat dipertanggungjawabkan.

Hal-hal lian yang perlu kita perhatikan dalam penyusunan daftar pustaka adalah sebagai berikut:

1. Nama Pengarang

a. penulisan nama pengarang dari buku dengan seorang pengarang
nama keluarga ditulis sebelum nama kecil/inisial(utk memudahkan penyusunan secara alphabetis), jika buku disusun oleh sebuah komisi/lembaga maka nama komisi/lembaga dipakai untuk menggantikan nama pengarang, jika tidak ada nama pengarang, urutan dimulai dari judul buku. contoh: Keraf, Gorys. 1998. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.
b. penulisan nama pengarang dari buku dengan dua atau tiga pengarang
nama pengarang kedua dan ketiga tidak dibalik ketentuan lain sama dengan bagian a, urutan nama pengarang harus sesuai dengan yang tercantum dalam halaman judul buku, tidak boleh ada perubahan urutan. contoh: Kridalaksana, Harimurti dan Djoko Kentjono. 1991. Seminar Bahasa Indonesia 1968. Ende Flores:Nusa indah.
c. penulisan nama pengarang dari buku dengan banyak pengarang
hanya nama pertama yang dicantumkan dengan susunan terbalik, nama-nama pengarang yang lainnya ditulis dengan singkatan dkk. contoh: Karso, dkk. 1994. Sejarah NasionaL dan Sejarah Umum. Bandung: Angkasa.

2. Tahun Terbit

Tahun terbit ditulis sesudah nama pengarang dipisahkan dengan tanda titik.

3. Judul Buku

Judul buku digaris bawahi atau dicetak miring. setiap huruf awal kata dalam judul diketik dengan huruf kapital. kecuali kata depan dan konjungsi.

4. Tempat Terbit

Tempat terbit ditulis sesudah judul buku dan dipisahkan dengan tanda titik dua.

5. Penerbit

Nama penerbit ditulis sesudah tempat terbit dipisahkan dengan tanda (:) dan diakhiri dengan titik.



No comments: