Friday, March 26, 2010

Misi Bangsa Indonesia

Misi-misi Bangsa Indonesia terdiri dari :
a. pengalaman pancasila secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
b. penekanan kedaulatan rkayat dala segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
c. peningkatan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan kualitas keimana dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan dan mantapnya persaudaraan umat beragama yang berakhlak mulia, toleran, rukun dan damai.
d. penjaminan kondisi aman, damai, tertib, dan ketentraman masyarakat.
e. perwujudan sistem hukun nasional yang menjamin tegaknya supremasi hukum dan hak asasi manusia berandaskan keadilan dan kebenaran.
f. perwujuan kehidupan sosial budaya yang berkpribadian, dinamis, kreatif, dan berdaya tahan terhadap pengaruh globalisasi.
g. pemberdayaan masyarakat dan seluruh kekuatan ekonomi nasional terutama pengusaha kecil, menengah dan koperasi melalui pengembangan sistem ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berbasis pada sumber daya alam dan sumber daya manusia yang produktif, mandiri, maju, berdaya saing, berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
h. perwujudan otonomi daerah dalam rangka pembangunan daerah dan pemerataan pertumbuhan dalam wadah negara kesatuan RI.
i. perwujudan kesejahteraan rakyat yang ditandai oleh meningktanya kualitas kehidupan yang layak dan bermatabat, serta memberi perhatian utama pada tercukupinya kebutuhan dasar, yaitu pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan dan lapangan kerja.
j. perwujudan aparatur negara yang berfungsi melayani masyarakat, berdaya guna, produktif, transparan, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.
k. perwujudan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokatis, bermutu, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin, bertanggung jawab, terampil, serta menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam rangka mengembangkan kualitas manusia Indonesia.
l. perwujudan politik luar negeri yang berdaulat, bermatabat, bebas dan proaktif bagi kepentingan nasional dalam menghadapi perkembangan global.

No comments: