Tuesday, January 12, 2010

Menerapkan Prinsip Kerja Sama dalam Berteater

Untuk menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater, sikap egoi harus dijauhkan. Kerja Sama antara sytradara dengan pemain, pemain dengan pemain, sutradara denga staf, dan pemain dengan staf perlu digalang. Apalagi dalam karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional mancanegara (Asia).

Asas keutuhan perlu diterapkan dalam menerapkan kerja sama berteater. Asas keutuhan dalam berakting memiliki arti seorang pemain harus dapat melakukan kerja sama yang baik menuju satu tujuan yang sama, yaitu kesatuan makna. Cara kerja sama pemain bertitik tolak pada citra sastra dan citra sutradara. Citra sastra berarti hasil kerja akting yang masih terikat pada pandangan si pengarang cerita. Citra sutradara berarti hasil kerja akting yang masih tetap terikat pada pokok penafsiran sutradara.

Selain menerapkan asas keutuhan, interaksi dengan staf produksi dan staf artistik perlu dilakukan dengan baik. Dengan demikian, karya teater yang akan dipergelarkan bisa berhasil dengan baik. Yang termasuk staf produksi antara lain, desainer panggung, teknisi panggung, dan teknisi suara, sedangkan yang termasuk staf artistik adalah penata dekor, penata lampu, dan penata cahaya.

Untuk kesuksesan sebuah pergelaran teater dan supaya dapat menyedot penonton karena alasan penyajianya, penerapan prinsip kerja sama harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

No comments: