Wednesday, December 30, 2009

Hutan

Hutan adalah salah satu kebesaran Tuhan yang harus kita jaga dan kita rawat. Lebih tepatnya hutan adalah suatu kawasan yang dikelilingi oleh tumbuhan dan banyak pepohonan. Hutan sedikit banyak sangat berpengaruh di dalam kehidupan kita. Karena hutan berfungsi sebagai penampung karbondioksida, pelestarian tanah, habitat hewan dan merupakan salah satu aspek biosfer tanah yang paling penting.

Hutan di Indonesia banyak sekali yang terbakar dan gundul karena perbuatan manusia. Padahal hutan sangat dibutuhkan oleh manusia tersebut. Hutan adalah bentuk kehidupan yang tersebar diseluruh letak di bumi ini. hutan ada dimana-mana, contohnya di daratan rendah, di daratan tinggi sampai di pulau kecilpun kita dapat menemukan sebuah hutan. Hutan dapat tumbuh di daerah yang beriklim dingin maupun tropis. Didalam hutan kita dapat menemukan banyak pohon dan tumbuhan. pohon itu sendiri adalah tumbuhan yang sangat tinggi menjulang ke atas langit dan umurnya sudah bertahun-tahun.

Banyak sekali manusia sekarang yang tidak memanfaatkan hutan. bahkan cenderung lebih merusak hutan. hanya demi pekerjaan misalnya. mereka berani untuk menebang pohon di hutan hanya agar dapat mendapatkan kayu-kayu untuk menghasilkan uang. dengan mudahnya mereka merusak alam. apalagi yang sengaja membakar hutan atau menggundulinya. entah apa yang ada di otak dan pikiran manusia seperti itu.

Dalam bahasa-bahasa di Indonesia, pengertian hutan juga merujuk kepada aneka hal yang bersifat liar , tumbuh sendiri atau tidak dipelihara , atau untuk menekankan sifat-sifat liar dari sesuatu.
JAGALAH HUTAN MULAI SEKARANG...! karena sesungguhnya kita dapat hidup karena adanya hutan yang menciptakan udara yang sejuk agar bisa kita hirup. tumbuhan-tumbuhan di hutan yang mengeluarkan oksigen agar semua manusia dan makhluk hidup lain bisa hidup di muka bumi ini.

No comments: