Saturday, December 19, 2009

Struktur Organisasi

Organisasi merupakan suatu hal yang penting agar seorang pemimpin di dalam organisasi tersebut dapat mengadakan pembagian tugas yang jelas dan sesuai dengan kemampuan karyawan/staffnya. Dengan adanya organisasi ini, seorang pemimpin dapat melakukan pengontrolan terhadap aktivitas yang dilakukan. Untuk itu, perlu adanya suatu struktur organisasi atau bagan yang dapat memberikan gambaran yang jelas tentang hubungan aktivitas dalam suatu organisasi itu.

Suatu dasar yang membuat suatu organisasi dapat berjalan dengan lancar dan baik adalah suatu Tanggung Jawab dan pembagian kekuasaan. Organisasi itu sendiri adalah
menciptakan suatu struktur dan bagian-bagian yang terintegrasi yang saling mempengaruhi antara satu bagian dengan bagian lainya. Jadi yang dimaksud dengan struktur Organisasi adalah mewujudkan segenap tugas-tugas yang ada di dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan atau cita-cita bersama.

Struktur organisasi yang ingin saya jelaskan adalah tentang suatu struktur organisasi garis/staff. Ternyata masing-masing struktur ini mempunyai arti yang berbeda. Struktur garis adalah struktur ini lebih
mengenal suatu perintah, sehingga tiap-tiap pekerjaan dalam organisasi hanya mengenal satu pemimpin. Dengan demikian ketegasan dalam perintah dan disiplin lebih jelas. Sedangkan Struktur staff adalah perpaduan antara struktur organisasi garis dengan struktur organisasi fungsional dengan bantuan staff. staff itu sendiri adalah seorang tenaga ahli yang bertugas memberikan nasehat sesuai dengan keahliannya.

Istilah organisasi mempunyai dua istilah umum, yang pertama mengacu pada suatu lembaga lalu yang kedua mengacu pada suatu pengorganisasian. Suatu lembaga contonya adalah bila kita berada di suatu perusahaan. Keburukan dalam suatu organisasi itu terdiri dari :
1. dapat terjadinya konflik antar fungsi.
2. hambatan dalam tugas/pekerjaanya.
3. pandangan yang sempit/ terjadinya perbedaan pendapat.
Ketiga keburukan ini adalah keburukan dalam Struktur Organisasi. Sebenarnya masih banyak lagi tetapi yang penting adalah yang saya sebutkan di atas.
Dengan banyaknya keburukan atau kelemahan dalam suatu struktur organisasi kita harus memiliki tanggung jawab yang sangat besar dan harus mempunyai banyak ketrampilan serta kita sangat membutuhkan biaya yang sangat cukup besar.


No comments: