Saturday, January 9, 2010

Bagaimana Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan?

Menumbuhkan Jiwa kepemimpinan dapat dilakukan dengan cara menumbuhkan dan mengembangkan sifat-sifat dasar kepemimpinan (kemampuan biasanya yang disebut dengan istilah "leadership"). Antara lain dengan :

1. Pengembangan Efektivitas Diri

Pengembangan efektivitas diri dalam mencapai setiap tujuan dapat dilatihkansejak usia muda. Kita melatih ketajaman hati untuk selalu berfokus atau berkonsentrasi kepada tujuan dan cita-cita hidup, misalnya :
  • Pemahaman atau Persepsi : Ketajaman dan kejernihan melihat dan merumuskan tujuan-tujuan.
  • Kapabilitas : Kemampuan untuk memikirkan dan memperjuangkan sesama, Kemampuan untuk bekerja dan belajar dan mempresentasikan hasilnya.
  • Koordinasi : Kemampuan untuk mendeskripsikan tugas dirinya dan orang lain, merencanakn hubungan kerja/belajar, dan mengorganisasikan serta mengatur lalu lintas dan informasi.
2. Mengembangkan Kemampuan Persuasif

Kemampuan Persuasif adalah keterampilan mempengaruhi dan mengajak pada perilaku tertentu. Sejak awal keterampilan tesebut, perlu dilatih dengan menggunakan kelebihan-kelebihan pribadi kita. kelebihan pribadi itu anatar lain : daya inisiatif, penyampaikan pendapat, menghargai, menyebarkan rasa kasih sayang, memimpin suatu kegiatan, dan mengambil keputusan.

3. Mengembangkan Sikap Positif

Sikap dasar yang membangun jiwa kepemimpinan adalah sikap positif. Sikap positif tersebut antara lain : Berfikir Positif, beradaptasi, berpartisipasi, berperan aktif, berbau, berinteraksi, selalu menjaga keakraban, berterus terang, bekerja sama, saling memahami, menghindari perdebatan dan kata-kata tajam.

3 comments:

Unknown said...

minta ijin copy ya

Unknown said...

Y harus emiliki jiwa kemimpianan itu tidak segampang yang kita pikir ya kita bisa melihat orang dengan sebuah leader ya tapi dia mempunyai beban tertentu yang kalian tidak tahu kan itu kita harus menjadi pemimpim itu saja gampang ini ciri ciri nya harus di percaya orang karena sebuah kepercayaan tidak mudah untuk didapatkan dan bertanggung jawab akan pekerjaaan dan adil , bijakasana ya dan tahu mengambil sebuah keputusan yang tempat dan benar
togel online

BAHRUDIN said...

makasih info nya guys sangat berguna



Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

Bisa untuk HP :

- IPHONE.
- ANDROID.
- NOKIA.
- BLACKBERRY.
- WINDOWS PHONE & MOBILE
- SYMBIAN (tidak tersedia)

(Sadap data komunikasi)


- SADAP PANGGILAN SUARA
- SADAP SMS & MMS
- SADAP FOTO/ VIDEO
- SADAP EMAIL
- SADAP SUARA SEKITAR
- SADAP CHAT FACEBOOK
- SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
- SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER) (tidak tersedia)
- SADAP LOKASI

Kunjungi: PENYADAP.COM
.
.
.
.
.
.
.