Tuesday, January 5, 2010

Fungsi Managemen

Di artikel ini saya akan menjelaskan tentang Suatu Manangemen beserta fungsinya. Managemen itu sendiri adalah seni melaksanakan dan mengatur. Kata managemen berasal dari bahasa prancis kuno (menagement). Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Menurut ahli dalam pakar managemen, managemen itu adalah sebagai cara menyelsaikan pekerjaan tetapi melalui orang lain. Dalam definisi ini, berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Selain itu ada juga seorang ahli managemen mengemukakan definisi lain dalam managemen. Menurutnya Managemen itu adalah sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif yang dimaksudkan didefinisi ini maksudnya adalah suatu tujuan/cita-cita yang diharapkan dapat berjalan sesuai dengan perencanaan, sedangkan kata efisien menggambarkan bahwa tugas yang ada dilaksanakan dengan benar dan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Sekarang saya akan menjelaskan tentang Fungsi Managemen. Fungsi Managemen itu sendiri mempunyai arti suatu elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam suatu proses managemen yang akan digunakan atau sebagai acuan untuk para manajer dalam melaksanakan tugasnya agar tercapai sesuai yang diinginkan.
Fungsi Managemen terdiri dari 4 fungsi. Saya akan menerangkan keempat fungsi ini sesuai dengan yang saya tahu.
1. Fungsi Perencanaan (planing)
Suatu kegiatan yang diharuskan membuat rencana agar dapat mencapai tujuan bersama. Agar dapat membuat rencana secara teratur dan logis, sebelumnya harus ada keputusan terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya.
2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Suatu fungsi yang diharuskan menciptakan suatu struktur dengan bagian-bagiannya dan sebagai pengaturan dalam melaksanakan rencana yang telah ditetapkan.
3. Fungsi Pengarahan (Directing)
suatu fungsi sebagai tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi. Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal agar mendapatkan hasil yang diinginkan.
4. Fungsi Pengendalian (Controling)
Suatu fungsi yang menilai kinerjaberdasarkan standar yang sudah dibuat dan dalam pengendallian ini, pengawasan itu sangat penting. Pengawasan utnuk mengendalikanjalannya suatu kegiatan yang mengarah unutk mencapai hasil yang diinginkan.

Inilah penjelasan/pembahasan tentang Managemen beserta Fungsinya yang bisa saya presentasikan lewat artikel. Bila salah-salah kata atau tulisan dalam Artikel ini, mohon dimaafkan. Terima kasih.



No comments: