Tuesday, January 5, 2010

AIR

Air adalah salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. entah manusia, hewan, maupun tumbuhan sekalipun. Tidak adanya air makhluk hidup yang hidup di muka bumi ini tidak akan bisa bertahan hidup. Air bersih sangat penting untuk kesehatan semua makhluk hidup. Sekarang dibanyak tempat ditemukan kelangkaan dalam membutuhkan air. Selain di bumi, air dapat ditemukn di kutub utara atau di sebelah selatan di planet mars, serta pada bulan-bulan europa, dan enceladus.

Air dapat berwujud padat , cairan dan gas. Contoh Air dalam wujud padat misalnya adalah air yang sudah dibekukkan di lemari pendingin dan air itu membeku, kita biasa menyebutnya Es batu. Lalu air dalam wujud cairan, ya yang biasa kita butuhkan sehari-hari untuk menambah ion tubuh yaitu Air. Sedangkan dalam wujud Gas kita biasa menemukannya di suatu air yang sedang didihkan, sehingga air tersebut dapat menimbulkan suatu uap air yang berbentuk gas.

Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air. Saya tidak akan bisa membayangkan kalau bumi ini kehabisan ait atau kehilangan sumber daya alam yang satu itu. Apakah kita masih bisa hidup tanpa air?? Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur sumber daya air sejak tahun 2004, yakni Undang Undang nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.

Air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Air juga merupakan zat pelarut yang dibutuhkan dan sangat penting untuk makhluk hidup. Air juga sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme. Dalma fotosintesis dan respirasi, air juga sangat dibutuhkan. Fotosintesis menggunakan cahaya matahari untuk memisahkan atom hidroden dengan oksigen. Hidrogen akan digunakan untuk membentuk glukosa dan oksigen akan dilepas ke udara.

Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan. Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembapan, dan beberapa faktor lainnya. Selain dari air minum, manusia mendapatkan cairan dari makanan dan minuman lain selain air. Sebagian besar orang percaya bahwa manusia membutuhkan 8-10 gelas (sekitar dua liter) per hari,

No comments: