Wednesday, January 6, 2010

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut menentukan apakah proses pertumbuhan dan perkembangan berjalan dengan baik atau tidak. Faltor-faktor tersebut dapat dibagi menjadi dua faktor. Yaitu Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Faktor Internal adalah Faktor yang terdiri dari dalam tumbuhan itu sendiri yang meliputi gen dan hormon. Sedangkan Faktoe Eksternal adalah Faktor yang berasal dari luar tumbuhan itu sendiri. Contohnya Cahaya, Nutrisi, Suhu, Oksigen, Air dan Musim.
Di artikel ini saya akan menjelaskan tentang Faktor Eksternal pada tumbuhan.

Faktor Ekternal terdiri dari :
1. Cahaya
Cahaya sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Cahya yang diperlukan meliputi Intensitas cahaya, kualitas dan lama waktu dalam penyinaran. cahaya yang digunakan tumbuhan untuk berfotosintesis adalah cahaya matahari.
2. Nutrisi
Semua makhluk hidup membutuhkan nutrisi untuk bertahan hidup. Oleh makhluk hidup, nutrisi diubah menjadi energi yang diperlukan tubuh. Tumbuhan yang kekurangan Nutrisi akan mengakibatkan Kelainan pada saat pertumbuhannya.
3. Suhu
Suhu sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan tumbuhan karena suhu sangat berkaitan dengan kemampuan tumbuhan dalam melakukan proses biologisnya. Suhu yang rendah atau tinggi dapat menyebabkan Enzim yang tidak dapat bekerja dengan baik, padahal enzim dalam tumbuhan berfungsi untuk mengedarkan cadangan makanan ke seluruh bagian tumbuhan.
4. Oksigen
Oksigen memang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Tidak hanya manusia bahkan tumbuhanpun sangat membutuhkan Oksigen agar bertahan hidup. tanah yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan adalah tanah gembur yang banyak mengandung oksigen.
5. Air
Bila kekurangan dan kelebihan air pada saat pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, tumbuhan akan dapat mnyebabkan kelainan pada tumbuhannya itu sendiri.
6. Musim
Tumbuhan yang berbunga atau berbuah hanya dapat tumbuh pada musim tertentu. Pergantian Musim dapat mempengaruhi Dormansi pada biji dan tunas. Musim juga mempengaruhi dala hal reproduksi, fotoperiodisme dan pengguguran daun.

sekian yang saya bisa jelaskan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan. terima kasih.

No comments: