Friday, January 8, 2010

Faktor-Faktor Yang Dapat Mengurangi Rasa Percaya Diri dan Upaya Mengantisipasinya

Dalam kegiatan sehari-hari seseorang seringkali secara tiba-tiba merasa tidak yakin atau sering disebut tidak "PD" (percaya diri), tentu adanya faktor yang disengaja maupun tidak sengaja bahwa ada hal-hal yang ditinggalkan dari kebiasaan rutinnya. Contoh: Nurdini, seorang remaja puteri duduk dikelas XI SMA, kebiasaan sehari-harinya adalah selalu survive karena persiapan dirinyabaik untuk mengikutipelajaran maupun sedikit mempercantik diri, bahkan senyum selalu menghiasi bibirnyatatkala bertemu dengan siapapun. Ketika muncul rasa kurang percaya diri, ia menyadari ada yang terlupakan, bahwa deodorant yang dimilikinya tak mampu lagi dioleskan pada tubuhnya, karena habis. Benarkah hanya karena hal tersebut membuat Nurdini menjadi luntur rasa percaya dirinya? Adakah penyebab lainnya sehingga dapat membuat seseorang menjadi kurang rasa percaya dirinya?

Ada beberapa faktor yang dapat mengurangi rasa percaya diri dan upaya mengatasinya, diantaranya:
1. Kemampuan/potensi seseorang yang mulai berkembang, akan luntur secara tiba-tiba, jika ia tahu banyak orang disekitarnya kemampuannya lebih dari dirinya.
2. Kecantikan maupun ketampanan seseorang yang terlihat sekilas, akan luntur secara tiba-tiba bagi pemiliknya dikarenakan adanya kekurangan yang ada pada dirinya, misalnya rambut rontok dan berketombe, atau bau badan dan bau mulut karena gigi berlobang atau seseorang merasa tubuhnya pendek, gemuk dan kulitnya lebih gelap.

Dari kedua contoh tersebut dapat dipetik, intinya bahwa kepercayaan diri yang sedang berkembang, masih sangant minimal sekali taraf percaya diri tersebut. Sehingga mudah sekali luntur. Dan akan sangat berbeda bagi seseorang yang memiliki rasa percaya diri secara mantap, tentu ia akan selali mewaspadai keseluruhan kebutuhannya sebagai pelengkap dan pendukung kuat untuk rasa percaya diri. Dan upayanya mengantisipasinya dengan selalu kita kembalikan, bahwa segala sesuatu yang kita miliki, yang ada pada diri kita adalah dari Tuhan Yang Maha Esa, tinggalah bagaimana kita diberikan segala kesempurnaan maupun kekurangan ini dipelihara sehingga tetap akan muncul rasa percaya diri kepermukaan

No comments: