Wednesday, January 6, 2010

Qada' dan Qadar

Qada' dan Qadar merupakan salah satu diantara rahasia Allah yang baru akan terbuka setelah suatu kejadian terjadi. Secara bahasa, qada' berarti ketetapan atau keputusan, sedangkan secara istilah qada' adalah ketentuan atau keputusan Allah atas makhluk-Nya yang telah ditetapkan sebelum adanya makhluk itu atau sejak zaman azali dahulu.
Setelah Allah SWT menetapkan sesuatu iradat-Nya maka Allah melaksanakan iradat(kehendak)-Nya itu dalam realita. Pelaksanaan kehendak Allah dalm realita itulah yang kita kenal sebagai qadar. Kata qadar adakalanya kita sebut dengan istilah takdir. Jadi, qada' adalah ketentuan ALLAH dan qadar atau takdir adalah pelaksanaan dari ketentuan ALLAH itu.

Dalam kehidupan ada dua jenis qadar yang ALLAH SWT terapkan. Qadar yang pertama adalah ukuran yang telah Allah terapkan dalam mekanisme dasar kehidupan di alam ini. Ukuran itu tercipta dengan bentuk kekuatan hukum alam. Qadar dalam arti ini telah menyatu dengan alam sejak awal alam ini diciptakan. Semuanya bergerak dan berinterkasi satu sama lain sesuai dengan ketentuan dan aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT.
Qadar yang dalam arti yang kedua adalah pelaksanaan ketentuan Allah dalam perjalanan hidup manusia. Kita mneyebut pelaksanaan ini adalah suatu takdir. Takdir ini ditentukan oleh Allah saat manusia masih berada dalam kandungan ibunya. Saat sesosok janin 4bulan, Allah SWT memerintahkan malaikat untuk mencatat 4 hal yang akan terlaksana dalam kehidupan si janin tadi.

No comments: