Tuesday, January 5, 2010

Rukun Islam

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Rukun Islam itu ada lima (5), antara lain yaitu :

1. Mengucapkan dua kalimat syahadat dan menerima bahwa ALLAH SWT itu Tunggal (Hanya Satu) dan Nabi Muhammad SAW adalah Rasul ALLAH


2. Melaksanakan Shalat lima waktu dalam sehari

3. Mengeluarkan Zakat

4. Berpuasa pada Bulan Ramadhan

5. Naik haji tetapi bagi mereka yang mampu

Penjelasan :
Syahadat memiliki arti atau makna yang harus diketahui seorang muslim berikut diamalkannya. Adapun orang yang mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya. Biasanya yang kita sebutkan adalah kalimat "LA ILAHA ILLALLAH"
tidak ada yang berhak diibadahi secara hak di bumi maupun di langit melainkan Allah semata. Dialah ilah yang hak sedang ilah (sesembahan) selain-Nya adalah batil. Sedang Ilah maknanya ma’bud (yang diibadahi). Artinya secara umum atau harfiah adalah: "Tiada Tuhan Selain ALLAH"..

Shalat adalah kegiatan yang kita harus atau wajib kita kerjakan setiap hari sesuai dengan waktunya. Shalat adalah satu-satunya cara kita untuk berkomunikasi dengan ALLAH. Dimana seorang muslim ingin berMunajat dan berdoa kepada-Nya. Bila kita melakukan Rukun Islam yang kedua ini, kita akan merasakan ketentraman dan kedamaian di dalam hati kita. Kita juga dapat mencegah perbuatan Keji dan mungkar yang kadang kita rasakan di dalam hati kita. Shalat adalah Tiang Agama. Ketika kita ingin melaksanakan Shalat, badan kita harus dibersihkan dari semua najis yang ada.

Puasa adalah rukun islam yang ketiga yang biasa kita lakukan di bulan Ramadhan. Bulan kesembilan dari bulan Hijriyah. Seorang muslim berniat puasa sebelum waktu shubuh (fajar) terang. Kemudian menahan dari makan, minum dan jima’ (hubungan lain jenis) hingga terbenamnya matahari kemudian berbuka. Ia kerjakan hal itu selama hari bulan Ramadhan. Dengan itu ia menghendaki ridho Allah ta’ala dan beribadah kepada-Nya.

Zakat adalah rukun islam yang keempat yaitu Allah telah memerintahkan setiap muslim yang memilki harta mencapai nisab untuk mengeluarkan zakat hartanya setiap tahun. Ia berikan kepada yang berhak menerima dari kalangan fakir serta selain mereka yang zakat boleh diserahkan kepada mereka sebagaimana telah diterangkan dalam Al Qur’an.

Haji adalah Rukun Islam kelima dilakukan sekali seumur hidup. Adapun lebihnya maka merupakan sunnah. seperti yang saya terangkan di atas, kita dapat menunaikan rukun islam yang kelima ini bila kita mampu.

No comments: