Friday, January 8, 2010

Faktor-faktor yang Dapat Membantu Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Setiap individu atau seseorang cenderung mengharapkan dirinya berkembang dan dapat menjadi lebih baik lagi. Perkembangan kemampuan atau potensi seseorang tidak akan terwujud begitu saja apabila tidak diupayakan dan seberapa jauh seseorang mengupayakan sehingga bisa mewujudkan potensinya menjadi aktual dan terwujud dalam sikap serta kepribadiannya. Hal ini dapat diperoleh apabila seseorang tersebut setidaknya memiliki rasa percaya diri terlebih dahulu, sehingga dapat meningkatkan perkembangannya baik oleh dirinya sendiri maupun lingkungan yang akan membantu untuk pencapaiannya.

Ada beberapa faktor yang membantu meningkatkan rasa percaya diri, diantaranya ialah:
a. Pengenalan diri mutlak diperlukan bagi siapa saja untuk mengenali dirinya sendiri, segala kelebihan maupun kekurangan setidaknya diketahui untuk dapat meningkatkan perkembangan sikap pribadi.
b. Umpan balik adalah sarana yang efektif untuk berinteraksi baik dengan diri sendiri maupun lingkungannya untuk memperoleh jati diri kita yang sebenarnya agar mempermudah perkembangan sikap pribadi.
c. Upaya pembentukan sikap adalah sebuah upaya untuk mengembangkan segi positif dan mengatasi segi negatif yang dimiliki sehingga mampu memupuk sikap-sikap positif sesuai dengan peran anda sebagai remaja saat ini.
d. Pengembangan diri, hendaknya sejalan dengan penyesuaian terhadap lingkungan sosial yang dapat membangkitkan rasa puas, karena selain anda mampu mengembangkan diri lingkunganpun bisa menerima diri anda dengan baik.

Keseluruhan faktor tersebut tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan kegiatan di lingkungan anda.

No comments: